• Selamat Datang !

    Jump In Love (1)


    27 November.

    Aku terkesiap ketika guntur itu hampir memecahkan gendang telingaku, belum sempat aku menghardik, dia telah mengulang sekali lagi, dan akupun takluk. Seketika itu juga, berderailah rintik kecil di langit sebagaimana di awal bulan November ini. Segalanya berwarna abu-abu, seakan benar benar mengerti kondisi jiwaku.

    Aku baru saja hendak membenarkan letak diktat kuliah yang bertumpuk, ketika kalender usang itu seakan-akan memanggilku. Ah ya, aku sudah lama belum mencabik kertas kalender bulan September ini karena aku sangat betah berlama-lama melihat gambarnya, yaitu Zinedine Zidane idolaku. Tapi itu bisa saja tidak, Andaikan saja Nabi Muhammad SAW, lelaki terhebat  sepanjang zaman itu bisa dilukis, tentu sudah aku pasangkan gambarnya di langit-langit kamarku yang paling tinggi sebagai idola terhebat.

    Tapi, tunggu dulu. Apa maksud lingkaran merah ini. Tanggal 27 November. Aku sedikit berputar-putar menggali kembali memoriku, apa maksud dari lingkaran merah ini. Seketika itu, bersamaan dengan datangnya guntur, hatikupun terkejut. Aku merasa sedikit abnormal kala potongan memoar lama itu kembali mendesau-desau dalam kepalaku.

    Kala aku meninjau keluar, rinai hujan itu seakan memberikan aura yang membuatku rindu. Gumpalan awan yang mematung pilu di ujung sana, seakan benar-benar memberikan sebuah abstraksi, betapa hatiku rindu dengan seseorang yang jauh sana. Kutunggu pula datangnya pelangi, sang adiwarna, agar dapat pula menghibur hati yang gundah ini, namun telah lama, ia tak kunjung datang.

    Kutilik-tilik lagi tanggal berlingkar merah itu. Itulah hari ulang tahun orang yang dulu pernah aku sayangi. Wahai, betapalah masygul hati ini dibuatnya. Melayang layang anganku, mencoba membuka tabir masa lalu, mengingat jejak-jejak yang dulu pernah kututup dan kukunci rapat-rapat, setelah aku mulai benar-benar mengatakan bisa untuk mengatakan yang mana “ya” dan yang mana “tidak”.

    Entahlah aku pun tak sadar, tiba tiba waktu terus saja berputar, aku seperti masuk pada lubang hitam yang memutar-mutar otakku  sekaligus  mengubek-ubek perasaanku. Lagi-lagi, sesuatu yang bernama rindu telah mulai melakukan agresinya pada hatiku yang sudah lama berdaulat penuh untuk tidak merindukan seseorang, tepatnya wanita.

    Almamater biru gelapku yang berlogo gajah duduk, diktatku yang tebal berwara-wiri di sekitar desktop, dinding usang yang lecet-lecet karena tempelan deadline tugas dan meeting-ku selama sebulan seakan-akan bisu, tidak bisa lagi menarik kembali perhatianku, setelah mati kutu dibom oleh virus rindu yang kini mulai menyebar, melemahkan syaraf-syaraf testosteron ego lelakiku. 

    ***

    “Assalamualaikum. Salam kenal. Saya Farid Alhafid. Nama kamu siapa ?”

    Itu kata pertamaku di hari itu, pada awal pembukaan MOS (Masa Orientasi Siswa) di SMA, Juli 2009. Aku cukup tertarik dengan perempuan ini, karena dandanannya begitu matching, meskupun kakak kelas kami –para panitia, dengan begitu serampangan memberi  “akomodasi” kepada kami sang adik kelas baru, mengenai tata busana yang wajib dikenakan selama masa “penyiksaan” itu. Meskipun sebenarnya tidak mendidik, tapi kami penuhi juga syarat-syarat itu. Lagipula, bukankah lebih menarik dan lucu jika memang semua menggunakan baju dan dandanan yang nyeleneh, asalkan sistem “penyiksaan” seperti damprat, kepret, jitak, dan saudara sebangsanya dalam masa orientasi ini dihapuskan.

    Aku sendiri sebagai seorang pria, ehm, maksudku lelaki, wajib menggunakan busana yang dikenakan perempuan. Begitupula kebalikannya untuk perempuan wajib berdandan lebih macho, atau malah bisa dibilang eksentrik. Dasar panitia dodol, mereka mungkin sudah menyiapkan konspirasi busuk ini selama kami liburan kemarin, sehingga sehari sebelum MOS, kami pun diundang ke sekolah untuk menyiapkan syarat-syarat itu. 

    Cukup banyak, memusingkan dan juga membuat aku malu setengah mati ketika berhadapan dengan kasir di toko seberang rumah tempo hari. Hampir semua yang aku beli berbau perempuan, dimulai dari sandal jepit pink, pita pink, sebuah lipstick Glory pink, bedak bayi berwarna pink bercap Anak Mama, hampir segalanya berwarna pink. Kasir gembul ini cekikikan karena sangsi, melihat tampang sesangar ini kok malah beli perlengkapan perempuan.

    Malam harinya aku sibuk menggunting kertas karton pink untuk membuat name tag berukuran sama dengan Al-Qur’an bibiku, bersusah payah untuk membentuk jalinan pita pink yang harus membentuk bentuk bunga mawar, untuk dipakai ketika sampai di gerbang tiba, dan baru dicopot ketika pulang. Dan masih banyak pula aksesoris lain yang membuatku lebih mirip badut Taman Mini daripada pelajar SMA. Oh iya, aku harus mengingatkan bibiku untuk memesan kue bakpao yang sering lewat di pagi hari untuk bekal esok hari, sebagai syaratnya. Tapi, yang jadi masalah, kue bakpao yang dijual itu berwarna putih, nah sedangkan aku harus membawa yang berwarna pink ! lalu, bagaimana aku menyulapnya ? Oh Tuhan.

    “Nama saya Latifah Meida Ayunda. Panggil saja Latifah. Salam kenal juga Farid”

    Aku berdesir mendengar ketika namanya dihembuskan. Indah sekali  dan enak dilafalkan. Entah apa yang dilakukan ayahnya ketika memberi nama anaknya ini, barangkali harus membuka-buka kamus syair para pujangga. Dan berhasil, nama ini seakan membuai diriku melayang ketika syair pujangga itu berakhir. Alah, terlalu berlebihan.

    Tapi sebenarnya yang yang membuatku tertarik adalah paduan bentuk pita yang menjalin di atas kerudungnya, malah membuatnya tampak manis. Dari kerudung putih anggun itu, seakan membungkus wajah mutiara berbinar yang menarik. Aku sangat suka wanita berjilbab, karena menurut feel ku saja, tidak bisa dijelaskan. Nama tag nya yang berwarna merah hati disertai satu potong foto hitam-putihnya ketika masih SMP, membuat manis penampilannya. Walaupun MOS ini terlalu berlebihan, karena semua wajib menggunakan kaus kaki yang belang-belang serta berbeda warnanya, termasuk aku, dia tampak tak terpengaruh. Ya, karena dia menggunakan rok panjang, sehingga tidak kelihatan. Paduan segalanya membuatnya anggun, meskipun sedikit imut-imut.

    “Dari SMP mana ?” tanyaku.

    “13” katanya singkat.

    “Oh.”

    Dia sepertinya tak ingin lebih jauh dan lebih lama berbincang denganku, mungkin karena mata kakak panitia mengintai dari jauh kami berdua. Ia langsung membertulkan letak kursi goyang nya, atau lebih tepatnya potongan kertas karton yang dibuat sedemikian rupa, untuk alas duduk selama di aula. Kami pun langsung melongok dan mendengarkan arahan kakak panitia nun jauh di depan sana.

    ***

    Tiba-tiba, dari handphoneku ada sms singkat.
    “Farid, kuliah jam 3. Cepet. Dosen killer. Aku tunggu di depan tugu”
    Oh God. Aku lupa, kalau sekarang ada jadwal kuliah keteknikan. Tak sadarkan diri, aku sudah satu jam melamun, dan hujan pun telah reda. Kulirik jamku, sudah jam setengah tiga. Aku harus bergegas. Diktatku seolah tersenyum ketika aku menggamitnya kembali. Tas kurangkul, dan sepatu kets-ku telah siap take off.

    ***



    Do not copy this one.

    Foto sumber :

    DISINI


     



    0 komentar:

    Posting Komentar