• Selamat Datang !

    Indonesia @IPDN


    Halo halo halo sahabat SIDS semua, wuaaduh saya telat deadline ini, kebetulan pas hari sabtu ada halangan untuk posting, jadi aja … telat, hehe. Dimaafin ngga nih sahabat ?

    So, Alhamdulillah saya juga lagi benar-benar menikmati sisa hari-hari terakhir saya di SMA, terhitung sejak hari ini, ya sekitar H-20 menuju UN. Udah mulai ngematengin langkah, sekaligus memperkuat mental aja sih. Kalo masalah persiapan, insya allah sudah mumpuni dan siap tarung lah, hehehe.
    Gimana nih, sahabat SIDS yang sama kelas XII SMA, atau kelas IX SMP, udah siap buat tarung di bulan April ? insya allah siap deh ya, tentunya, dengan sportif dan jujur, yaa. Yang ngga jujur mah ngga masuk itungan, lewat aja itu mah.

    Oke. Sekarang kita mah nyarita-nyarita aja yah. Sebenarnya ini ngga ada hubungannya ama sebab kenapa saya telat posting hari sabtu, hehe. Tapi ini cerita kejadiannya pas besok hari, alias hari minggu.

    Nah, pas waktu minggu pagi, saya tuh ada kegiatan. Bukan lari pagi, atau tidur (lagi), hehe. Tapi sepagi itu, jam setengah 7an lah, saya udah berangkat ama temen saya ke acara Training Motivasi untuk SMA, yang diadakan di IPDN Jatinangor. Ada yang tau IPDN ? ituh lho, kampusnya para orang-orang gagah, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, yang dulu namanya STPDN. Letaknya di Jatinangor, kab.Sumedang, Jawa Barat…  lumayan deket sih ama tempat tinggal saya, yah sekitaran 20-25 kilometer lah dari Cibiru (tau ngga ?), atau sekitaran 2 kilometer dari pintu tol Cileunyi (nah ini, yang sering mudik pasti tau, hehe).

    Nah, pas pagi-pagi gitu, udara Jatinangor bersih banget lah, lumayan enakeun. Banyak orang-orang yang lari pagi, sesepedahan, atau sekedar jalan santai. Ngga tanggung-tanggung, di jalanan itu rasanya milik semua usia. Emang sih, Jatinangor adalah sebuah kota yang sedang berkembang pesat, dahsyatnya ada 4 kampus yang bertengger disana. Ada UNPAD jatinangor-kloning dari UNPAD Dipatiukur, ada ITB Jatinangor (masih baru banget) – kloning dari ITB Tamansari, ada kampus IKOPIN, dan tentunya ada kampus IPDN yang sueeeper gede,, katanya sih panjangnya hampir nyampe di kaki-kaki Gunung Manglayang. Nah itulah, sekilas dari Jatinangor  ya, hehe.



    Oke, pas awal-awal masuk ke kampus IPDN, ane merasa takjub banget, soalnya baru pertama kali sih emang, hehe, padahal udah hampir tiga tahun di Bandung. Masuk lewat gerbang besarnya, udah disambut ama dua patung yang gede bener, simbol para praja (mahasiswa-red)nya gitu deh. Mulai merangsek ke dalam, udah dihadapin ama taman-taman gede, jalanan yang lengang, (ga tau pada kemana ini orang-orang), dan gedung yang “berkarisma” banget. Wah, dikit muter-muter lumayan capek juga gan, kaga ada ojeg sih -,- nah, dari gerbang tadi, mengkol ke kanan, terus nanjak, baru deh nemuin para praja di sebuah tempat, yang dinamakan Balairung Rudini. Nah, masalahnya ane ngga tau gan, kenapa tuh tempat dikasih nama Balairung Rudini, yang jelas kalau denger kata Balairung, pasti lengket deh ama kampus kuning alias UI. Yang bikin ane dikit tertegun adalah di pintu masuknya ada replika kentongan besar gitu gan, ga tau buat apa, masa sih buat ngeronda gan ? hehehe -,-

    Bincang-bincang ama temen ane bentar, mata ane ngga lepas-lepas dari ngamatin seluruh tempat yang bisa dilihat, terutama yang menarik adalah hilir-mudiknya para praja yang lagi sibuk jadi panitia training gan. Wah, kalau dilihat-lihat dari wajahnya, dari semua daerah Indonesia kayaknya ada gan. Kalo kita ngebandingin body, wuuuh udah kalah jauh gan ama doi-doi, tapi tetep kok pada baik-baik dan murah senyum ke anak SMA kayak ane gan, hehehe.

    Udah aja. Sekitar jam 7 lewat 120 menitan ( lho ? hehehe. Emang beneran ), baru deh acara itu dimulai. Emang sih capek nunggunya, tapi karena ane baru pertama kali masuk ke IPDN, jadi kagak kerasa amat sih. Gitu deh. Akhirnya training pun mulai. Dan bla-bla bla …. Gitu deh gan. Dalem training, ga ane ceritain yah, karena ane khusyuk banget ngikutinnya, hehehe.

    Gitu deh gan, beres aja. Sampai akhirnya, disinilah ane nemuin banyak hal-hal menarik. Pas pulangnya, peserta disuruh foto bareng dulu ama para prajanya. Wiih, beneran gan, walaupun sama tinggi dan sama cakep, ternyata gampang kok bedain mereka gan, tinggal denger logat ngomongnya doang, udah keliatan asalnya dari mana.

    Pada awalnya, ane males sih gan mau sok-sok kenalan gitu ama praja, maunya beres foto-foto itu mau langsung shalat di masjid Darul Maarif, masjid kebanggaan IPDN . tapii, ane penasaran juga gan mau iseng-iseng ngucapin makasih ke salah satu panitianya. Ane langsung nyamperin deh salah seorang diantara mereka, ehem ehem ….

    “Kak, makasih ya atas trainingnya,” kata ane sok basi-basi, hehe.
    “Oh iya sama-sama. Adek dari sekolah mana ?” katanya gan. Nah, pas ini, ane ngamatin logatnya.
    “Ohh, dari SMAN 1 ********,”. Hehe, maaf sensor ya gan.
    “Oh, deket ya dari sini ?” dia nimpal balik lagi.
    “Iya kak. Oh iya, kakak asalnya dari mana ?”. ane makin penasaran
    “kakak asalnya dari Makassar” gitu gan, katanya.
    “ Oh iya ? Yang apa kareba, baji baji to ?” tiba-tiba ane keingetan itu bahasa.
    “ Kok tau ?”. dia kayak yang tertegun gitu gan,
    “tau dooong … hehehe”

    Gitu deh gan, akhirnya setelah selesai berfoto itu, ane ama temen ane, ngobrol deh ama beliau sepanjang jalan mau ke masjid Darul Maarif. Awalnya sih masih agak jaim gitu gan, ngomongin yang rada “agak penting” gitu deh. Sampai deh kita di tempat wudhu, dan kita pun masuk masjid.
    Sampai ke dalam, lagi-lagi ane takjub ama ini tempat. Yang ada di masjid itu hampir sama kalau tampak belakang. Tinggi sama, tipe rambut sama, seragam sama… wiiih keren gini kata ane, mencerminkan  kekompakan dan kebersamaan. Mesjidnya juga gede gan, hampir mirip segede Masjid Daarut Tauhiid lah kata ane mah, cuma bedanya masjid ini mah lantai satu untuk pria, dan lantai dua untuk wanita. dengan ornamen modern, jam digital, dan karpet khasnya yang berwarna hijau, jadi tampak sejuk dan segar di mata gimanaa gitu.

    Nah, setelah selesai shalat, ane pun lanjut ngobrol ama itu abang-abang, namanya Muhammad X deh. Beliau ini seperti yang langsung deket ama ane gan, langsung jor-joran ngobrol, apa yang ane tanyain mengenai IPDN atau pengalaman beliau, langsung dijawab aja.



    Langsung aja yah, fakta yang ane dapet dari percakapan ama beliau :
    1.    Praja IPDN itu asalnya dari seluruh Nusantara lho. Dari Aceh sampai Papua, semua ada. Biasanya, para praja ini merupakan putra putri terbaik utusan daerah, yang ingin memperdalam keilmuannya tentang pemerintahan, yang nanti bisa pulang bekerja ke kampung halaman kalau udah lulus.
    2.    Nah, ane nanya, kalau lulus IPDN, ntar lulusnya kerja apa ? dia jawab, yang paling bawah jadi sekretaris kelurahan, yang paling atas bisa jadi sekretaris daerah.
    3.    Gimana sih keadaan sehari-hari di IPDN ? katanya, setiap hari itu wajib bangun jam 4, shalat subuh, terus latihan fisik, apel pagi, sarapan pagi, baru “kuliah” .. keren ngga gan ?
    4.    Kata beliau nih, dulu kan IPDN itu punya nama STPDN (emang bener dulunya gitu). Nah, kenapa sampai ganti nama ? karena dulu sempat ada kasus pemukulan yang bocor ke media massa, pada saat itu institusi ini hampir bubar, namun atas keputusan pemerintah, STPDN berganti ini bernama IPDN. Namun, beberapa tahun kemudian, terjadi lagi kasus yang membuat publik geger, sehingga kampus ini pun sudah hampir di ujung tanduk. Namun, atas keputusan pemerintah, IPDN kemudian membentuk kampus-kampus daerah di berbagai pelosok Indonesia, untuk lebih “mencairkan suasana”.. namun, sejak itu, di kampus IPDN tidak mentoleransi lagi “aksi” seperti itu, dan lebih mirip menggunakan metode pelatihan seperti AKMIL. Horeeeeeee :D
    5.    Faktanya, IPDN adalah miniatur Nusantara. Kalau sahabat mau nyari teman-teman yang asalnya dari seluruh Nusantara, masuk aja kampus ini yah.
    6.    Dulu, wisma ( tempat tinggal para praja –red ) itu bernama sesuai provinsinya lho, jadi dulu itu ada Wisma Jabar, Wisma Jateng dll. Tapi sejak pemberlakuan ketentuan baru, wisma itu berubah menasional menjadi “Wisma Nusantara” . gitu gan.
    7.    Nah, kakak-kakak praja ini katanya mah sering banget naik gunung Manglayang lho buat latihan fisik. Kalau main bola, ada tuh stadionnya, tapi deket banget dekat kaki gunung, tapi jauuuuuh banget dari akses jalan raya. Seger gimanaaa kali ya, hehe
    8.    Nah, kalau ada sahabat yang mau masuk, kampus ini total gratis. Semua-mua-mua-mua –mua fasilitas dibiayai oleh pemerintah, dari hasil “sumbangan” seluruh rakyat Indonesia. Nah, kalau baru tingkat I aja, atau junior, semuanya gratis + uang bulanan Rp250 ribu lhoo ! apalagi yang udah beberapa tingkat di atas, udah mah semua gratis + uang bulanan bisa sampai 1 jutaaan lebiiih ! gitu katanya.
    9.    Nah, masuk IPDN ini juga merupakan “amanah” yang diberikan kepada mereka untuk mengemban tugas menuntut ilmu dan kembali mengaplikasikannya kepada masyarakat tempat mereka berasal.  Itu tuh, ada dalam filosofis atribut di seragam yang mereka pakai.
    10.    Nah, di kampus ini juga berlaku tata krama Junior-Senior. Jadi mau dimanapun mereka,  mau ada di dalam atau luar kampus, harus ada tata krama dan kesopanan.
    11.    Nah, kalau kayak orang-orang jauh kayak kak teguh ini, cara menghubungi keluarga gimana ? ah gampang katanya. Udah ada laptop kan, jadi bisa pake Skype atau Facebook gituan lah. Jadi tetep ga gaptek ama perkembangan luar sana.
    12.    Terus, gimana tuh pergaulan di dalam kampus ? ya baik-baik aja katanya. Yaaa paling butuh penyesuaian diri di awalnya aja.
    13.    Yang terakhir, ane nanya, kakak udah punya pacar belum di IPDN ? belum, katanya (hehehe) mau sukses dulu aja, ntar aja masalah cari jodoh, gitu. Hehehe-baaat :D

    Gitu deh gan, ane berkesan banget ama kampus ini. Inilah Miniatur Indonesia yang pada masa depan siap membanggakan Indonesia.

    Semangat kakak-kakakku :D


    Foto sumber :


    DISINI
    DISINI

    2 komentar:

    1. Wahhh kereeennnn.... (y) makasih ya infonya :)

      BalasHapus
    2. dari awal sampe akhir gue ngebayangin kampunnya, keren pastinya👍 thanks infonya ..

      BalasHapus