• Selamat Datang !

    Tips Untuk Anak Kos-Kosan (2)




    Hello sahabat SIDS .. jumpa lagi nih dalam kesempatan yang berbahagia. Semoga semuanya dianugerahkan kesehatan yah, amiin, eits jangan lupa disyukuri lho hehehe.

    Eeh iya gimana nih liburannya ? waah, kayaknya ada yang pulang kampung nih, atau sekedar liburan di kotanya, atau malah diem aja dirumah ? hehe. Tapi kayaknya ngga semuanya ngerasain liburan kali ya, contohnya para aktivis sekolah/kampus tuh. Iya deh, tetep semangat aja yaaa J

    Oo iya sahabat, kemarin kan saya janji nih untuk ngelanjutin postingan yang kemarin, biasaa masih bertema tentang kost-kostan, hehe. Hmm, masih ada yang hunting juga ngga nih ? siaap deh. Tapi jangan salah, gini-gini juga harus ada ilmunya lho, jangan sembarangan, terutama nih yang emang baru ngerasain pertama kali ngekost. Nah, yuk deh kita lanjutin.

    Hmm, nyambung dari postingan sebelumnya, kali ini kita akan ngebahas tentang : ngekost sendiri atau rame-rame yah ?

    Haha, so what gitu ya, yang mana aja bisa kalian pilih, semuanya punya advantage dan disadvantage masing-masing, tentunya disesuaikan dong dengan keadaan kita, hehe. Sip yuk kita bahas atu-atu.

    NGEKOST SENDIRI

    Well, tipe pertama ini adalah tipe saya. Kebetulan, sejak awal SMA di Bandung ampe lulus tahun ini, saya masih betah dengan gaya ngekost seperti ini. Sebenernya, saya awalnya ngekost bareng kakak saya yang cowo, kebetulah dia kuliah juga di Bandung. Ah, tapi beberapa waktu kemudian kayaknya ngga sreg nih, ngga adem dan ya gitulah. Akhirnya, saya misah deh jadi ngekost sendiri. Nah, dari sekian lama itu, saya jadi ngerti kelebihan dan kekurangannya apa, kalo make tipe seperti ini.

    Oke, kita mulai dari beberapa kekurangan dulu ya :

    a.       Kesepian
    Nah ini nih, yang menjadi kendala utama kalo ngekost sendiri. Ngga ada temen main, temen nyuci piring, temen main catur atau apalah ... kebanyakan orang yang ngekost sendiri itu bingung kalau suasana hatinya terbawa oleh suasana kamar yang sepi. Kalau udah bingung, biasanya stres, apalagi kalau ngga ada duit atau kendaraan pribadi, waaah ampun (saya banget itu teh). Walopun zaman sekarang udah banyak gadget untuk mengusir kesepian, tapi tetep aja ngga ada yang bisa menggantikan peran sahabat, iya ngga ? apalagi kan anak kost mah jauh dari orang tua, hiks.

    b.      Pusing ngatur ini itu sendiri
    Buat sahabat yang dirumahnya dulu masih dibantu orang tua, atau punya pembantu misalnya, waah ribet dah kalo udah ngurusin kosan sendirian doang. Beukh, yang manajemennya belum bagus, bisa amburadul tuh kamar kayak kapal dibom. Belum kalo kamarnya sempit, kesannya semua barang tuh tumpah ruah disitu, dan bikin pusing. Tempat makan, solat, belajar, main, dapur, gudang, waah nyatu semua. Apalagi kayak aktivis kayak saya nih, hehe, punya waktu buat nyapu kamar aja kadang-kadang ngga sempet, belum tetek bengek yang lain, hadooowwh... hehehe. Kalau yang ngekost ini seorang cowo, mungkin dia akan berdoa, “Ya Allah, anugerahkanlah hamba seorang istri ....” hehe.

    c.       Mahal
    Sebenernya sih ini relatif, gimana orangnya lagi. Tapi kenapa saya bilang tipe ini memang agak cukup lumayan high-cost ? bayangin dari awal ngekost nih, kalo sendiri tuh nyewa kamar serasa mahal, perbulan 300-400 ribu lumayan udah mencekik dompet tuh, beda ama yang barengan. Belum lagi makan harus nyari sendiri/masak sendiri, dengan rasio yang fluktuatif, masih linier dengan kenaikan bahan bakar, atau kenaikan bahan pangan.. dan kebutuhan lainnya, yang mestinya bisa dihemat dengan cara udunan bareng-bareng, eh malah ditanggung sendiri semuanya. Kalau ngga bener nih ngurusin keuangan, baru tanggal  15 aja pasti udah galau, kalo tanggal 20 ? hehe

    Eits tentunya ngga semuanya jelek dong. Nih ada beberapa kelebihan dari tipe ngekost kayak gini :

    a.       Keuangan (sebenarnya) bisa diatur sendiri
    Keuntungan terbesar dari tipe ini, kita adalah manager dari uang kita sendiri, tanpa gangguan siapapun. Kita bisa ngerencanain “APBN” kita sehingga ngga keteter tuh mengenai uang konsumsi, uang sedekah, uang investasi ama uang tabungan. Kagak ada yang minjem-minjem soalnya, hehe. Kecuali ya kita minjemin orang.

    b.      Fokus
    Youngkruuu ... kita bisa jadi lebih fokus untuk apapun, sekehendak kita, tanpa ada yang bikin kita ribet. Ga ada tuh kasus salah paham antara teman sekamar, dari yang klasik aja nih, dari urusan cuci piring ampe menyapu rumah, sesuatu yang kecil aja bisa bikin kita ngga mood lho, apalagi itu bukan kita yang lakuin, tapi kita yang harus tanggung jawab. Ih ngga banget deh. Udah, ngekost sendiri aja deh, asal kitanya siap mah, hehe

    c.       Belajar tanggung jawab
    Jangan main main soal ini lho, karena calon ibu dan bapak yang baik akan terlahir dari pembelajaran tanggung jawab ini ... loh kok ? iya dong, hehe. Kalau cowok yang ngekost sendiri .. itu calon bapak rumah tangga lho ! gitu juga kalo cewe, hehe. Ngga mudah loh ngurus apa-apa sendiri. Siiip deh. Pinter pinter “milih” deh yah, haha.

    NGEKOST BARENG-BARENG

    Wiih ini juga tipe yang ngga kalah ama yang diatas. Kalo kita pandai-pandai milih teman, ini asyik banget, kita bisa belajar banyak hal dari mereka, menjalin rasa persaudaraan, saling membantu, dan bisa saling mengerti perasaan satu dengan yang lain. Tapiii, kalau kita salah pilih. Waduuuh bakal jadi bumerang, hancur semuaaa ... hehehe lebay banget ah, ngga juga kali yeee. Yuk, check this out !

    The weakness :

    a.       Keuangan ngga stabil
    Lho, kesannya gitu gitu amat ? mungkin temen temen ngga nyangka ya, kalau ternyata kita ngekost bareng-bareng ama temen, biasanya “neraca keuangan” kita mudah goyah lho ! oke deeh, percaya deh temen-temen pada bisa ngatur :p weh, tapi giliran tanggal 15-20, mulai deh tuh godaan, temen udah pada minjem duit, alasannya bla bla bla .. belum yang sok-sok nraktir karena baru awal bulan, apalagi punya temen yang matre ... aaaaah. hahaha hancurlah rencana, masih mending kalo itu dibalikin cepet uangnya :p

    b.      Sifat egoisme individu
    Nah ini, akar permasalahan utama mengenai relationship antara teman sekamar. Nyebelinnya, kalo mereka abis makan, piring ngga dicuci... udah ngopi, gelasnya ngga dicuci juga ... yang ngabisin air di kamar mandi tapi ngga mau ngisi.. yang ngabisin kuota modem padahal kagak mau beli pulsanya ... yang make motor kita suka-suka, kagak mau beli bensinnya .. haduh pikasebeleun banget deh. Eits, awas,koreksi diri juga, jangan jangan, kita sendiri gitu lagi ke temen-temen kita !

    c.       Atmosfer belajar terpengaruh
    Nah, ini juga nih yang bikin citra anak kosan tuh seperti yang sering terlihat, misalnya isi kamar nih, kalau ngga Playstation, catur, remi sampe kartu gapleh, lengkap deh... main dah tu terus, jadi kagak belajar. Apalagi kalau ada yang ngajak main, jadi kepengaruh semua. Beda sih emang kalau nemuin temen yang pas, bisa diajak sharing, belajar bareng, nugas bareng de el el. Yah, balik lagi ke kitanya.

    The excellence :

    a.       Murah
    Lah, hehehehe. Ini nih yang saya suka sebenernya. Dengan modal 5 ribu aja per 5 orang, bisa itu bikin nasi goreng special satu nampan nasi, bareng bareng... makan dah tuh pake tangan, nasinya kayak tumpeng gitu saking banyaknya, asiiik deh. Itu salah satu contohnya doang. Nah biasanya yang udah kompakan sih, bisa ngadain “strategi” konsumsi yang bagus. Beneran, kalo konsisten manajemennya, Cuma 300 ribuan perbulan deh atau sesuai selera, kita bisa sehat bugar, makan enak terusssss ... hehe.

    b.      Meriah
    Ini nih asyiknya kalo rame-rame. Kalau udah agak stres di sekolah/kampus, bareng temen-temen, kita bisa sekedar easy jamming pas kumpul ... yaah nyanyiin apa kek, lagu cinta, lagu galau, lagu semangat, atau mau bikin lagu atau band sekalian juga ngga apa apa, itung itung refreshing ama nyalurin bakat... hehe karena rata rata di setiap kamar anak kosan, pasti ada gitar toh ? asal jangan lupa tugas kuliah deh.

    c.       Bersinergi
    Apapun masalahnya, temen yang baik itu always listening, always understanding, iya ngga ? misalnya rindu orang tua, kita bisa curhat ke temen ... kita punya masalah ama studi, temen bisa bantuin ... begitu pun kita sebaliknya. Kalo sering sering membantu, kita pun akan terbantu lhooo.... siiip deh.
    Sebenarnya, itu semua relatif ya temen-temen, asal gimana kita kita menyikapinya dan mempersiapkan semuanya secara matang.

    Okeee minggu depan, insya allah dilanjutin lagi ya temen-temen ....
    Happy holiday !


    Foto sumber :

    DISINI




    1 komentar:

    1. At Its Best IPC - At Its Best IPC | TI-Tech
      At Its Best titanium tv apk IPC. IPC. At its best iPC. At its best iPC. At its best iPC. At its best iPC. At its best iPC. titanium rainbow quartz At titanium mens wedding bands its best iPC. At its best iPC. At titanium piercings its best iPC. At titanium iv chloride its

      BalasHapus