• Selamat Datang !

    Tips Buat Anak-Kos-Kosan (1)




    Hello, sahabat SIDS, apa kabarnya niiih ? semoga sehat yaa. Maaf nih postingnya agak telat, karena kemarin saya masih ada ujian, SIMAK UI. Hehe. Kebetulan saya “belum lulus” nih di SNMPTN 2012. Allah Maha Tahu lah ya nasib seseorang, yang jelas, saya ucapkan selamaat buat semua teman-teman yang lolos, semoga bisa menjaga “amanah” yang diberikan Tuhan, dan menjadi generasi penerus bangsa yang baik ! apalagi elo-elo yang keterima di akuntansi atau ekonomi, awas lo, jangan belajar jadi orang korup ya ! Hehe. Bacandaaa. Insya Allah, saya bakal nyusul kalian, dengan jalan yang berbeda.

    Nah, berhubung karena hawa-hawanya masih mengenai SNMPTN, saya mau kasi “apresiasi” nih buat kamu-kamu yang udah keterima. Yeeeey, sekarang lagi masa-masanya hunting kos-kosan ya ? hehehe. Pasti ribet deh. Belum banyak pertimbangan. Apalagi yang biasanya anak rumahan gitu, tiba-tiba langsung harus menghadapi buasnya kehidupan tanpa orangtua, sekaligus akan merasakan pengalaman yang tak terkira juga. Hehe.

    Weeeeh sob, karena saya nih, admin, udah nge-kost sejak awal SMA, jadi saya udah ngerti dikit-dikit deh mengenai masalah ini, ya udah sekarang saatnya bagi-bagi tips buat yang lagi hunting. Okee ?

    Hmm. Pada awalnya ini, saya mau ngebahas satu tema penting dulu, mengenai hal umum yang bakal kita semua hadapin sebagai anak kosan. Yuk, mulai.

    ·         Cari kos-kosan yang aman

    Buat kalian yang lagi hunting, perlu diperhatikan, jangan sembarangan cari kos-kosan. Selain harus sesuai dengan panjang x lebarnya dompet bokap-nyokap kalian, cari kosan yang aman dan nyaman juga harus jadi pilihan. First step, yuk cari kos-kosan yang berada di pemukiman penduduk, agar nantinya mudah untuk diawasi bersama. Lebih baik, cari kamar yang ada di kawasan pendidikan (yang isinya anak kosan yang satu kampus maksudnya) yang pastinya tiap kampus ternama pasti punya kawasan tersebut. Kalo masuk asrama kampus, ya ngga usah pusing-pusing deh.

    ·         About the room

    Coba deh, ketika menyurvei kamar kosan, yang pertama dilihat dulu fasilitas yang tersedia. Yah, menurut saya mah, fasilitas standar yang wajib ada yaitu : besar ruangan sedang, listrik lancar, air ngalir (di kamar mandi sendiri lho), atap ga bocor, ventilasinya adem. Jangan sungkan2 deh sob buat nanya masalah ini, sebab kalau kamu diem-deim aja, ntar malah nyesel lho. Untuk selera masalah tipe kamar sih, terserah kamu deh, yang jelas cost-nya harus memungkinkan aja.

    ·         Liat bagian luar

    Oo ini juga penting lho. Cek dulu, calon tetangga kamu siapa, warung deket ngga, rumah ibadah jauh ngga, sampe rumah makan, ATM, atau Laundry-an. Hal kecil itu semua penting lho, karena hal kecil gitu sangat berpengaruh buat kehidupan anak kosan. Bayangin, misalnya, semua yang disebutin tadi lengkap, eh ternyata masjidnya jauh, wah bakalan susah beriman ntarnya (hehe). Atau buat para aktivis nih, ntar deh ente-ente ngarasain gimana buat mengatur waktu. Saking sibuknya, ngga ada waktu tuh buat cuci baju (ckckck). Cuma hati-hati masalah cucian baju ini, karena bakal ngaruh ke penampilan. Tuh, laundry bakal jadi malaikat penolong. Makanya cari deh kamar kos yang dekat ama segalanya, dan tergantung prioritas juga sih, sebaiknya jangan milih kamar kos yang deket mall deh, bisa bisa dompet kamu, baru tanggal 5 aja udah jebol.

    ·         Atmosfer sekitar kamar

    Sob, karena nanti tuh kita bakal hidup dengan suasana yang baru, perlu diperhatiin juga bagian ini. Tips dari saya nih, kalo misalnya kita ingin memilih ngekost sendiri karena merasa lebih sreg, coba diprioritaskan cari kamar kos yang mayoritas tetangganya orang berkeluarga deh, terutama jika berada di lingkungan yang “kurang bagus”. Apalagi kalo misalnya kamu orang di luar daerah itu, dan belum punya temen deket. Kenapa coba ?

    Pertama, mengurangi tindak kejahatan yang berkesempatan dalam kesempitan. Kebanyakan, kalo tetangga sebelah kamar kita banyak anak mudanya, tentu kita jadi agak was-was kalo ninggalin kamar, terutama kalau belum kenal betul, atau pas kenalan, kita ngga bisa membangun rasa percaya ama si dia. Atau cerita yang sering itu, banyak dari kita yang cepet akrab ama mereka, terus saling akrabnya hal-hal yang bersifat privasi dilanggar. Banyak kan kejadian laptop ilang, ini-itu ilang, bahkan sendal jepit ampe jepitan jemuran juga ilang !? jelas, itu ngga semuanya sih. Nah, kalo yang udah berkeluarga mah, resiko untuk hal tersebut kecil, istilahnya sih boro-boro deh. Yang ada, kalau mereka masak, makanannya kadang dikasi ke kita, hehe. Tapi, meskipun peluangnya kecil juga, tetap aja ya kita mesti proteksi. Intinya, pinter-pinter mengenali sifat orang lain.

    Kedua, biar ngga ribut. Nih, cerita klasik anak kosan yang tetangganya anak muda. Wiih, apalagi kalau mereka lagi main PS bareng temennya, lagi nongkrong, atau lagi nyetel musik. Tentunya, itu masalah besar buat kita-kita yang pengen berkonsentrasi belajar, kan ? nih buat perbandingan, kalo kita ama tetangga kita itu sama-sama kuliah pagi, tentu itu kamar ngga bakal ribut kan, tapi kalo malem, aduh ribet deh karena semua pada kumpul, ribut deh, kacau deh kita yang mau belajar. Lain halnya kalo tetangga kita itu berkeluarga, mereka ributnya pagi (karena anaknya bangun hehe) tapi kalo udah malem ngga ribut (karena anaknya tidur hehe), jadi kita jadi agak leluasa. Lagian, mana ada keluarga yang nyetel musik pake amplifier bervolume full, malem-malem lagi.

    Ketiga, biar ngga ada hal macem-macem. Sebelumnya, jangan bilang saya lebay yah. Tapi memang, adu jotos yang terjadi di sesama anak kosan yang seumuran kerap terjadi, mungkin hanya karena masalah sepele, dimulai kehilangan sendal jepit, sampe kehilangan uang. Atau bahkan ada yang adu jotos karena salah satu diantara mereka ribut banget. Nah ini, yang menjadi faktor utama yaitu rasa Gimana Gue. Weh, bayangin aja, kalo kita lagi bad-mood di kamar, tiba-tiba si tetangga itu nyetel musik keras-keras. Waah, ketika ditegur, dia malah bilang : gimana gue aja, apa lo, ngga suka ? Wuhduh, bahaya kan .... setidaknya kalo yang berkeluarga, kalau ada masalah, mereka yang lebih ngerti dan mau bertoleransi karena kondisi psikologisnya udah lebih dewasa.

    Sebenernya sih, ngga semua anak muda kayak kasus di atas, kembali lagi ke sifat individu masing-masing. Nah, kalau mau nyari temen deket, mending cari di rumah ibadah terdekat. Insya Allah, pada baik deh orangnya hehe.


    Udah gini doang ? Masih banyak kaleeee.
    Sabar ya sahabat, lain kali disambung lagi, Insya Allah.

    Foto sumber :







    0 komentar:

    Posting Komentar