• Selamat Datang !

    Oh My God ! I Feel, I Have a Writer's Block !


    Aaaaaaaaaaaaaaa !

    Malu rasanya. bener2 malu deh. duh, gusti kenapa ini bisa terjadi ,,,

    ***
     Temen temen ngga perlu panik yah. ini cuma suara hati saya aja kok (-,-). agak geje yah ? ya udah deh, saya cerita aja langsung yah.

    Sebenarnya, ini udah sebulan saya ngga buka blog saya lagi. saya ngerasa malu banget lah. entah kenapa, kebiasaan nulis blog ini sejak dulu kok ngga dilanjutin lagi, padahal menurut orang orang menulis itu ngga gampang, dan saya membuang potensi dan kesempatan saya untuk tidak menulis.

    Bukannya saya membenarkan suatu pepatah, "setiap sesuatu ada pasang surutnya", meskipun itu memang benar adanya. dulu, sejak setahun lalu hingga sebulan terakhir, saya setiap minggu, khususnya tiap akhir pekan selalu saja menyempatkan diri untuk menulis, yaah dari yang penting sampai yang ngga penting, entahlah masalah berkualitas atau tidaknya. pokok e, yang penting nulis dan itu bikin saya lega.

    Tapi, semenjak sebulan terakhir, saya jadi malas :( dan anehnya, itu makin merambat perlahan. niatan dalam hati saya sebenarnya pengen nulis, tapi .... eeeh. malah yang awalnya hanya ditunda, jadi malas berat :( itulah kenapa, saya jadi malu sendiri sebagai pemilik blog ini, bahkan mengingat ketika sedang searching aja bikin ngga enak. rasanya ada sesuatu yang ngga beres.

    Apa sih faktor yang membuat kok gitu2 amat ? 

    Pertama, beradaptasi ketika memasuki zona baru (alasan klasik). itu terjadi sejak awal saya masuk kuliah tahun ini. lumayan sih, banyak kegiatan tuh di akhir minggunya. apalagi saya masuk sebuah politeknik negeri, yang notabene memang harus "kerja keras"setiap harinya, berbeda dengan waktu SMA dulu, yang pikirannya masih free. buat yang ngalamin masuk politeknik, waaah kerasa banget deh yah. tugasnya hampir tiap hari, hehe.

    Kedua, suka nunda-nunda. ceritanya, udah akhir pekan nih. ada waktu kosong, tapi dalam hati saya, "ah, ntar dulu deh, nonton film dulu ... " udah beres, bukannya ngelunasin "hutang", malah makin ditunda, "ah besok aja lagi, kan masih ada hari minggu... "daaaan gitu deh, akhirnya jadi malas beneran. benar juga kata seseorang, kebanyakan yang kita pikirkan, tidak kita kerjakan. (plaaak -,-)

    Ketiga, "lupa". lupa, apa "lupa" nih ? hehe. pas dulu lagi semangat2nya mendirikan ini blog, setiap akhir pekan, meskipun ngga ada pengingat, saya pasti selalu ingat. bahkan, karena ngga punya internet, saya bela2in update tiap minggunya pasti ke warnet :) tapi, itu deh, meskipun sekarang udah punya modem n di kampus ada wi-fi juga, tetep aja ada faktor turunan sebab nomer dua diatas. karena sering ditunda, akhirnya "lupa" deh. lama kelamaan, akhirnya LUPA BENERAN. naudzubillah, ckckck.

    Keempat. MALES. meskipun banyak waktu kosong, inspirasi buat nulis lagi membuncah-buncahnya, trus dukungan internet memadai, tetep aja ada halangannya tuh. dari dalam diri sendiri, lagi. virus ini memang sulit, tapi bisa diminimalisir. tentunya. tapi caranya gimanaa yaaah ? hmm.

    Kelima, ga ada tujuan baru. nah ini dia, salah satu faktor males, karena ngga ada tujuan dan cita-cita. ibaratnya kita ini MOTOR, kalau STANG-nya sebagai penunjuk arah aja ngga ada, MESIN MOTOR segede gimana juga ngga akan berguna. sama tuh, ibaratkan aja "stang" itu cita-cita kita, kalau cita cita kita ngga ada, mau segede apapun motivasi kita ngga akan bertahan lama, bahkan mungkin akan hilang.


    Ngomong2 masalah cita-cita, dulu, sejak saya mendirikan blog ini, tujuan saya simpel. saya hanya ingin menghasilkan tulisan yang berguna. dan sebagai bumbu penyedapnya, saya tergetkan bacaan sederhana saya ini dibaca oleh 1000 orang ! sederhana saja, namun itu membuat saya terus termotivasi. sampai akhirnya terlampau, saya tambahkan lagi bahkan saya catat di dinding, page viewer saya harus mencapai 7000 ! lambat laun, dengan usaha yang maksimal tercapai juga ! saya senang, tetapi tidak puas, terus saya tambahlagi acuan saya lebih tinggi, hingga 30.000 orang ! wow, itu gila, pikir saya. apalagi tulisan saya ini tidak cukup bermutu untuk dibaca banyak orang. tapi, ah ya jalani saja .... lagipula bukan itu tujuan utamanya. yang penting, tulisan saya bermanfaat :)

    ***

    Singkat cerita, saya sudah mencapai itu semuanya. sekarang bahkan sudah lebih dari perkiraan. namun, apa masalahnya ? saya belum mempunyai tujuan baru lagi. nah, inilah yang menyebabkan semuanya mandek. ibaratkan teropong itu visi, saya kehilangan teropong saya.

    Keenam, terlanjur malu. ah sudahlah, semuanya sudah lama. ketika ada salah seorang pembaca blog saya berkata, "kapan nulis lagi" ? itu membuat saya cukup malu. udah tertunda cukup lama, dan sepertinya passion saya untuk menulis sudah mulai diambang kritis. malu, ya jelas. Bayangkan, anda punya blog besar, tapi tanggal update terakhir anda setahun yang lalu ! bahkan, yang memiliki blog itu sendiri pun pasti malu dan malas untuk membuka web itu lagi.


    Hah,
    Setelah dipikir lagi, kenapa penyebab saya bisa seperti itu, mungkin saya terkena writer's block. apa sih itu ? dikutip dari sini, arti writer's block adalah : suatu kondisi, yang berhubungan dengan menulis sebagai profesi, di mana seorang penulis kehilangan kemampuan untuk menghasilkan karya baru. Kondisi ini bervariasi secara luas di intensitas. Hal ini dapat sepele, sementara kesulitan dalam berurusan dengan tugas di tangan. Pada ekstrem lain, beberapa “diblokir” penulis telah tidak dapat bekerja selama bertahun-tahun, dan beberapa bahkan meninggalkan karir mereka. Hal ini dapat bermanifestasi sebagai penulis terpengaruh melihat pekerjaan mereka sebagai rendah atau tidak cocok, padahal sebenarnya bisa jadi sebaliknya.

    Nah itu deh kayaknya. hemm, jadi gimana dong solusinya ?

    Saya sendiri sekarang sedang berpikir apa solusinya. sebagai "pesakitan" yang "ingin sembuh", maka solusi saya singkat saja.

    1. Buang rasa malu. kalau memang itu sudah terlalu lama, tidak ada kata terlambat. sekarang mulai saja. niatin : tulis lagi ! tulis lagi ! tulis lagi !
    2. Tetapkan tujuan. ah apa aja deh, mimpi aja setinggi-tingginya. jadikan blog sederhana kamu bisa jadi passive income kamu dua tahun lagi, adalah salah satu contohnya.
    3. Tulis ide dalam kerangka tulisan. tulis aja dulu garis besar yang pengen kamu tulis, supaya kamu ngga macet lagi ketika menulis. atau, ide kamu yang terhambur dapat segera ditampung. sayang kan, kalo kebuang :)
    4. MULAI. DIPIKIRKAN SEKARANG.ADA KESEMPATAN.LAKUKAN SEKARANG :)
    5. Jangan lupa berdoa, hehe. semoga berkah.

    huft, lega juga akhirnya. semoga bermanfaat yah buat yang kena writer's block. hehe. tetap menulis ya :)



    FOTO SUMBER :

    DISINI
    DISINI

    0 komentar:

    Posting Komentar