• Selamat Datang !

    Ini dia, ”senjata” aktivis !



    Assalamualaikum...
    Salam semangat, buat para aktivis dimanapun anda berada.

    Haha, ya beginilah hidup kita. Banyak lika-likunya yang harus dilewati. Tentunya, sangat mahal apa yang kita korbankan selagi kita pun berusaha untuk mendapatkan yang termahal, bukan ? ya, bukan tidak mungkin, kita mendapatkan salah satu hal termahal, yaitu pengalaman.

    Dikala yang lain bersantai, kita berpeluh susah. Dikala yang lain beristirahat, kita berlembur ria. Begitulah kebanyakan cerita yang sama dari para aktivis. Memang, ada kesenangan tertentu dalam menjalaninya. Namun, dibalik itu ada pengorbanan berbaju resiko besar yang tak main-main pula.
    Dikala kebanyakan kita masih berkutat dengan kesibukan di studi masing-masing, idealisme kita pun dituntut untuk menyesuaikan dengan iklim organisasi yang padat. Uh, kalau sudah disinggung ini, pasti menjadi momok yang cukup mengganggu kita, bukan ?

    Heit, tapi jangan jadikan asumsi, bahwa organisasi dapat menghalangi anda dari berprestasi maksimum dalam bidang studi yang digeluti. Jangan melulu “mengiyakan” dalam hati, bahwa makin handal di organisasi, tapi nilai selalu pas-pasan. NO ! mari kita ubah paradigma itu dari sekarang ! setidaknya, mari kita minimalisir dengan beberapa “senjata” berikut ini :

    ·         Notebook kecil
    Ingat, agar kita tetap tenang dalam rapat, catatlah sesuatu yang penting yang mesti dikerjakan setelahnya. Cara cepat adalah rangkum semua catatan mengenai studi anda, misalnya ada PR, presentasi, atau kerja kelompok. Bila perlu, catat juga kapan harus dikerjakannya. Ini sangat penting, karena jam terbang kita sangat padat. Catat pula apa yang harus dilakukan anda sehari-hari, misalnya mencuci baju, beres-beres kamar kosan, dsb. Notebook kecil ini akan menjadi senjata ampuh untuk  kita yang selalu dituntut “balapan dengan waktu”. Prinsipnya, be concern dengan apa yang anda tulis. Kerjakan !

    ·         Reminder
    Aplikasi ini sudah terdapat dalam handphone kita. Tinggal kita saja yang harus memaksimalkannya. Oh iya, kalau acara itu memang sangat penting, cobalah tipe bunyi dan warna reminder yang berbeda
    .

    ·         Alarm
    Ooops. Jangan sampai kita terlambat bangun tidur karena lembur semalaman. Gunakanlah alarm dengan bijak, dan bangunlah ketika alarm sudah berbunyi, meskipun itu pahit





    .
    ·         Jadwal kegiatan
    Sesuai dengan kebutuhan, buatlah rancangan jadwal kegiatan yang baku, yang anda biasa lakukan tiap minggu. Meskipun kenyataaannya, kegiatan kita tidak selalu sama dengan jadwal, setidaknya pikiran sudah dapat terprogram otomatis dan mampu mengingatnya.





    ·         Seperangkat alat elektronik dan internet.
    Apabila kita termasuk organisator yang mobile, maka ini adalah hal yang wajib dipunyai. Dengan handphone, kita bisa mempersingkat pembicaraan menjadi lebih efektif. Juga kita memiliki laptop sekaligus internet, bukan tidak mungkin kita bisa mengerjakan tugas yang lain dengan cepat ketika ada senggang waktu.






    ·         Transportasi
    Memang ini tidak wajib. Namun kiranya, apabila tidak memilikinya tentu akan sangat mengganggu keefektifan waktu dan kegiatan. Sepeda, atau motor menjadi pilihan terbaik bagi kita yang selalu mobile dan butuh kecepatan.

    Nah, itulah beberapa diantaranya. Mungkin anda punya “senjata” yang lebih ampuh lagi ? haha. Sesuaikan saja dengan kemampuan kita. Yang jelas, be concern dengan apa yang kita lakukan. Apabila kita mengerjakan sesuatu, tuntaskanlah terlebih dahulu. Setelah it, baru kerjakan tugas yang lain. Dan ingat, waktu senggang haruslah dimanfaatkan secara bijak.


    Sekian,
    Salam aktivis !


    Sumber gambar :

    DISINI

    0 komentar:

    Posting Komentar