• Selamat Datang !

    Belajarlah dari orang lain



    Assalamualaikum.

    Happy nice Saturday ya teman. Diluar sana, kota Bandung ditemani rintik rintik hujan nih. Beberapa hari kebelakang ini juga hampir hujan setiap hari. Gimana keadaan kota teman-teman ?

    Yah, berhubung karena sekarang bulannya berakhiran –ber, -ber , maka sudah jadi kebiasaan pula musim hujan muncul. Buat semua yang punya high activity di sekolah, kampus, atau mana aja, tetap selalu respect ya mengenai kesehatan tubuh. Siiip deh, ( bawelnya udah kayak emak lo aja nih gue, haha... peace )

    Oke sob, mau ngebahas apa nih malem ? bosen ya di kosan ? kagak punya kegiatan ? -__- hadeuuuh galau deeeh, haha. Daripada ga jelas, mending kita belajar yuk.  mau ?

    Eits, saya ngga bakalan ngajak belajar matematika, fisika, atau ekonomi, sosiologi kok .. STOP ah. Saya yakin, teman2 udah pada jago kan kalau belajar masalah itu mah. Yakin deh, temen2 juga pasti berasal dari sekolah/kampus top di seantero Indonesia, beuh kalo belajar itu sih udah ngga asing lagi kan,

    Tapi ... belajar ngga mesti disiplin ilmu yang ada di sekolah/kampus aja loh. Masih banyak ilmu ilmu diluar sana yang belum terdefinisikan, namun sebenarnya secara tidak sadar kita sedang mempelajari dan mendalaminya. Nah loh, asal jangan ilmu hitam aja yah..

    ---

    Pernah denger ngga kalimat ini, 

    “SELAMAT DATANG DI UNIVERSITAS KEHIDUPAN” 

    Nah loh, dimana tuh ? haha. Jangan bingung dulu. 

    Universitas kehidupan itu ya kehidupan kita sekarang ini, tempat kita hidup dan berkembang. Sebagai manusia yang dikaruniai akal dan moral, kita sadar bahwa sekedar hidup saja tidak cukup, melainkan kita harus mencari arti “hidup” sesungguhnya. Dan darimana kita dapatkan itu ? kita akan terus mencarinya, entah sadar atau tidak. Dan hanya orang yang “sadar”lah yang mampu mengambil makna dalam kehidupannya.

    Pernah belajar pendidikan karakter ? atau mungkin pendidikan moral ? mungkin pernah disinggung dalam bab pelajaran di sekolah, namun kita mendalaminya pastilah pada kehidupan sehari-hari, secara tidak sadar, sejak kecil hingga saat ini. 

    Apa dan Kenapa.

    “Kenapa kita harus bangkit ketika kita terjatuh ? kenapa kita harus survive ketika kita tertekan ? kenapa ada baik dan buruk ?” mungkin itu beberapa pertanyaan yang timbul dari dalam diri kita, yang kita harus cari jawabannya sendiri. Fitrahnya manusia adalah pembelajar, meskipun ia tidak tahu bahwa ia sedang  belajar dan untuk apa ia belajar.

    Seiring waktu, manusia yang “sadar” bahwa dirinya mengalami proses belajar, akan menemukan konsep hidup yang jelas, terukur, dan terarah. Ia tahu, bahwa sekedar hidup saja tidak cukup. Dibalik itu, ia akan berusaha mencari dan membuka rahasia alam yang lebih besar yang belum ia ketahui. Beberapa nama manusia yang peka itu tercatat dalam sejarah, seperti Plato dan Aristoteles.
    Yup. udah tahu kan sebab musabab kita harus belajar dari kehidupan ? 

    ---

    Belajar Dari Orang Lain.

    Pernah ngga sih teman2 mengagumi orang lain ?  atau ingin meneladani perbuatan orang lain ?
    Ya, mungkin pernah. Saya sendiri merasa kagum pada sosok Anies Baswedan, tokoh intelektual Indonesia. Saya kagum akan pembawaan beliau yang kalem, bijaksana, sekaligus mencerminkan orang yang bersifat pemimpin dan berwawasan tinggi. Nah, saya pribadi ingin sekali menjadi seperti beliau. Bagaimana dengan tokoh idola anda ?

    Tentu, kita ingin sekali seperti mereka, bukan ?  YA !

    Namun, apa kelebihan dan kekurangan kita ? sudah mampukah kita untuk menjadi seperti idola kita itu ?

    Ayo ! Belajarlah dari orang lain. 

    Apabila kita hanya menilik dari diri kita, kadang suatu saat kita merasa tak lengkap. Sadar atau tidak sadar, kita selalu mencari “bagian hilang” yang tidak dimiliki kita tersebut. Ternyata, “bagian hilang” tersebut mungkin kita dapatkan ada pada sifat orang lain. Mungkin inilah hikmahnya Tuhan menjadikan kita berbeda satu sama lain, juga menjadikan ada kelebihan dan kekurangan satu sama lain. ya, tentu agar kita bisa saling belajar, menghargai dan memaknai...

    Nah, gimana sih caranya agar kelebihan yang ada pada orang tersebut dapat kita teladani dalam diri kita ? berikut tipsnya, yang terdiri dari dua faktor :

    Faktor Eksternal

    ·         Carilah orang yang tepat
    Tentu. Sebagai role model yang akan kita ikuti, tentu kita harus memilih orang yang terbaik. Bisa dilihat dari latar belakang pengalamannya, pendidikannya, karakternya, ataupun kelakuan sehari-harinya. Misalnya, kalo kita mau belajar bisnis nih, ya carilah orang yang udah pernah berbisnis, atau yang gelarnya Sarjana Ekonomi, atau bahkan temen kita yang punya warung juga bisa kok.

    ·         Kenalilah luar dalam
    Ada baiknya kita mengenal orang tersebut secara bulat, tidak hanya sepandang lalu. Proses mengenal seseorang pun lebih memantapkan kita untuk belajar yang terbaik. Dan dari proses mengenal ini pula, kita jadi tahu, apakah orang ini pantas menjadi teladan kita atau tidak. Caranya, bisa dengan berkenalan langsung atau membaca biografinya.

    Faktor Internal

    ·         Kenali kekurangan diri
    Cara tepat untuk memulainya adalah dengan merenung. Sadari dan akui dengan tulus, apa yang menjadi kekurangan kita. Berangkat dari kekurangan diri kita itu, kita jadi termotivasi untuk terus belajar dari orang lain. Misalnya, kekurangan kita yaitu kurang bisa berdandan rapi. Saat itu, mulailah untuk belajar berdandan rapi dari orang lain !

    ·         Kenali kelebihan diri
    Tentunya, diri kita pun pasti ada kelebihan, kan ? nah, dengan meneladani orang lain, kita bisa me-remix kelebihan kita itu menjadi bernilai lebih.

    ·         Mulai dari hati
    Luruskanlah niat untuk belajar dari siapa saja. Jangan memandang rendah orang lain. Apabila ada sesuatu yang pantas dipelajari darinya, maka ambillah. Rasakan pandangan hidup yang berbeda dan lebih berwarna, sehingga kita menjadi lebih arif dalam menyikapi hidup ini.



    Alangkah indahnya hidup ini, apabila kita bisa menemukan makna hidup lebih dalam. Dan yang harus dipahami, bahwa belajar itu indah, dan bisa dimulai dari apapun.
    Selamat belajar !




    SUMBER FOTO :







    0 komentar:

    Posting Komentar