• Selamat Datang !

    Re-set Our Mindset !


    Assalamualaikum wr.wb teman teman ..

    Ketemu lagi di postingan saya yang menginjak angka enam, semoga dapat berguna untuk kita semua yah , dan semoga saya tetep bisa keep posting pada setiap hari sabtu  untuk share terus bareng bareng, amin Ya Rabb.

    Waduh, ceritanya nih, buat anak SMA yang ada di bangku kelas 12, udah hampir mencapai limit penentuan nasib lho . karena hari senin, alias tanggal 18 April 2011, mereka udah mencapai titik klimaks dari perjuangan selama 3 tahun berabu-abu ria. Yup, UN !

    Berbagai pemikiran tentang UN, seperti bagaimana soalnya, strategi menyelesaikannya, keakuratan hasil, dan sebagainya, tentu sudah ada di benak kakak kita itu sejak lama . tapi tahukah teman teman,  sejatinya bahwa 90% yang akan menentukan semua itu adalah mindset nya masing masing !

    Wah masa ?

    Dalam sebuah buku The Secret of mindset karya Adi W. Gunawan menjelaskan bahwasannya mindset itu terdiri atas dua kata: Mind dan Set.
    arti dari masing-masing kata tersebut sebagai berikut :

    Mind : Sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memori.

    Set :  Mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan
    => Keadaan Utuh

    Mindset : "kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berfikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang"
    sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi.

    dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Mindset adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya [1] .

    Nah tuh, udah jelas kan ? semua orang boleh mendefinisikan arti mindset itu berbeda beda.
    Nah, kalau diartiin sama saya mah, Mindset itu adalah keyakinan .

    Tapi, kenyataannya mungkin diantara kita ada yang “merasa” , bahwa dirinya itu “rendah” . sah sah saja kalau kita mengatakan seperti itu, tapi apakah dilihat pada konteks, rasa “rendah” itu dibandingkan pada siapa ? ( pada makhluk atau Tuhan ? ) .

    Adapun seseorang sebenarnya bisa melakukan yang ia inginkan, sejauh ia berpegang pada mindset itu sendiri . menurut sebuah pepatah,

    KAU TAKKAN BISA MELAKUKAN SEGALANYA, KARENA HANYA TUHANLAH YANG YANG MAMPU MELAKUKANNYA.
    NAMUN, JIKA KAU YAKIN BISA MELAKUKANNYA, MAKA HARUS KAU YAKINI, BAHWA TUHAN PASTI AKAN MEMBANTUMU .

    Jangan pernah kita mengondisikan diri dalam keadaan seorang manusia, yang sebenarnya ia mempu melakukan sesuatu dengan baik, namun ia mengatur mindset nya sendiri untuk mengatakan bahwa,    
    “ aku tidak bisa melakukan ini, karena aku sadar akan kekuranganku” ... dan itu dijadikan tameng untuk mengatakan bahwa dirinya itu pribadi yang rendah hati. Naudzubillah .

    Memang, kita harus menyadari kita ini lemah . tapi apakah kita menyadari, bahwa ada Zat Yang Maha Kuat yang akan membantu kita ? kuncinya adalah Yakin dan Cobalah .

    *** kembali pada cerita di awal, sejatinya 90% yang akan menentukan keberhasilan kita adalah mindset positif kita sendiri.  Melalui mindset  positif itu kita dapat :
    ·         Melihat sejauh mana kita yakin pada kuasa-Nya
    ·         Membangkitkan energi positif pada diri
    ·         Terus menerus mencoba
    ·         Dapat mengevaluasi diri
    ·         Tenang dan tenteram, karena Yakin, bahwa hasil ada di tangan-Nya .



    *** selamat menghadapi UN kakak-kakakku. Semoga sukses. ***






    0 komentar:

    Posting Komentar