• Selamat Datang !

    Cinta itu … (Harus) Matang


    Assalamualaikum wr.wb

    Selamat malam teman-teman, apa kabar nih ? Alhamdulillah, tepat hari ini, tanggal 25 Februari, saya menginjak umur 17 tahun. Sekali lagi, postingan ini khusus saya tujukan untuk kedua orang tua tercinta, aa dan tetehku, guru-guruku yang baik, serta teman teman se Indonesia, serta pembaca dari seluruh dunia pada umumnya. Yaa, anggap aja ucapan terima kasih saya buat semua doanya, semoga terkabul, amiiiin.

    Rasanya seneng banget yah kalau kita bisa berbuat yang terbaik buat orang lain, tentunya dengan menyebut nama Tuhan yang meridhoi ... tentu saja, hasilnya akan lebih baik bila dilandasi hati yang ikhlas, Insya Allah. Bagi saya, setiap hari adalah hari baru, tentu teman-teman juga berpikiran sama. Oleh, karena itu, marilah kita bersama-sama berbuat yang terbaik sepanjang waktu yang dianugerahkan kepada kita. 

    Oke. Sekarang kita lanjutin yah bahasan minggu kemarin, kan belum kelar tuh. Sedikit mengulas kemarin, saya waktu itu lagi memberikan sedikit pandangan saya mengenai cinta. Dan, whatever, bagaimanapun puitisnya kita tentang cinta, toh ternyata cinta itu tak akan mampu berdiri dengan hanya mengandalkan “dirinya”, tetapi juga meluas konteksnya kepada kenyataan hidup, kalau disingkat mah “emangnya loe mau makan cinta tiap hari apa ?” kita juga kan butuh nasi man, ngga cuma cinta tok.

    Nah itulah dia. Sebenarnya, cinta itu suci, putih, bersih dan tinggi (kata Slank dalam lagunya ya, hehe), jadi kita jangan ampe mengatakan bahwa cinta itu hanya sekedar rayuan sesaat, ngegombal, atau pun apa-lah yang identiknya dengan rasa sesaat gitu. Cinta yang baik adalah cinta yang benar-benar timbul pada saatnya, ditunjang dengan kematangan dan kemapanan, sehingga lahirlah definisi cinta yang lebih “luhur”, misalnya rasa setia.

    Teman-teman, ngomong-ngomong setia,  kalau kita semua mau tahu bagaimana kesetiaan itu sebenarnya, mendingan kita nikah dulu deh. Trus, kita semua lihat, ketika pasangan kita udah mulai menua, udah mulai “berkerut” atau “tinggi ke samping”, udah punya anak dua, atau udah kepala empat, nah dari sono noh cinta dan kesetiaan diuji, apakah kita benar-benar mencintai pasangan kita apa ngga. Nah itulah contoh cinta yang ditunjang oleh kematangan dan kemapanan yang tinggi, sehingga kita tetap mencintai pasangan kita, bagaimanapun “perubahan bentuknya” .

    Jadi, kalau masih muda gini, kalau ada cowo/cewe nyatain cinta dan setia ke temen-temen, bilang aja gini “kalau loe bener-bener cinta dan setia ama gue, nikahin gue !” … Nah, kalau si dia itu nelen ludahnya kayak yang tertegun gitu, udah deh, tinggalin aja, berarti si dia itu belum siap dan belum punya apa-apa,  hehehe. Yaaaaah, saya juga ngaku pernah kayak gitu siiih ke cewe, hehehe, dulu tapi, ah masih “ingusan” banget lah waktu itu… hasilnya apa coba ? nikah ngga, tunangan ngga … hehe. Malah saya jadi sedikit keki ama si dia yang dulu saya nyatakan cinta itu, dan “beliau” juga sama kayak saya.  Tapi dari situlah saya jadi malu dan lebih belajar banyak soal cinta, dan ternyata cinta itu ngga sedangkal yang saya kira.

    Man, masih muda kayak kita gini, belum ngerti banget lah soal cinta mah. Kita musti sabar dan nunggu saatnya. Kalau mau lihat cinta yang sebenarnya, lihat tuh orang tua kita yang masih aja mesra sampe sekarang, yang kadang marahan tapi baikan lagi, yang keliatan adem ayem aja padahal masalah keluarga tuh banyak banget, termasuk mereka mikir gimana buat bayarin SPP kita semua, iya ngga ? jadi, hati hati dalam mengumbar rasa cinta kita yang baru mengeluarkan “pucuk”, karena kita belumlah matang dan mapan untuk serius dengan hal itu.

    Dari tadi nyerocos mulu, yuk ah kita ke bahasan utama.

    Nah, disini kita akan sedikit mengungkap, apa saja yang harus dimatangkan untuk menjaga agar cinta itu tetap utuh dan kuat.


    1)      - Kematangan Usia

    Oke, disini kita ngomongin masalah umur yah. Nah, kaitan cinta ama umur sebenarnya lebih kepada keadaan psikologis yang seiring dengan pertambahan umur kita, yang akan saya bahas di poin ketiga. Tapi, sedikit mengambil pengalaman saya dan beberapa orang, kalau kita menjalin cinta pada masa labil gini, yaaa antara umur 15-19 tahun, kebanyakannya emang ngga serius akhirnya, karena keadaan psikologis kita ngga matang tea.

    Kebanyakan yang terjadi malah tragis, dengan acara putus dan galau-galauan, tapi seminggu kemudian tiba-tiba udah punya pacar lagi .. gitu aja terus, putus lagi pacaran lagi … ( Coba, darimana kata setia itu diuji ? kan setia mah cuma sama satu orang yah harusnya. Makanya kata cinta dan setia itu jangan diumbar yah, takutnya nanti nyesal dan malah bikin malu ). Saya ambil kesimpulan ini dari kebanyakan yang terjadi. Tapi, punten dan beribu maaf, kalau ada yang udah nikah dan pacarannya dari muda ngga putus-putus, agak senewen ama pendapat saya. Wah, kalau yang dari muda pacarannya, ngga putus-putus apalagi break, setia banget, trus udah nikah lagi .. aaaah itu sih namanya udah jodoh, jadi kaga usah digangggu gugat lagi, mangga wilujeng, hehehehe.

    2)     - Kematangan Fisik

    Sorry, tapi ini beneran hanya berkonteks kepada orang yang mau nikah muda, yang masih dibawah umur, harap ini tidak dianggap, tapi sekedar tau untuk pembelajaran saja. oke, agar cinta yang kita miliki itu sehat dan seimbang, maka kita juga harus memperhatikan kematangan fisik. Buat “oknum” yang ingin menikah muda, sebaiknya jangan sepelekan masalah yang satu ini, kenapa ? karena ini berhubungan dengan aspek biologis, dan kelanjutan dari janin yang dikandung .. nah, temen-temen pasti udah ngerti apa yang saya maksud kan ? jadi inilah “tanda kutip” yang saya bicarakan, harap dijadikan pembelajaran saja, bahwa fisik juga harus matang pada waktunya.

    3)     - Kematangan Psikologis

    Nah ini dia nih, poin terpenting yang mempengaruhi berdiri dan berkibarnya cinta. Yup, kebanyakan cinta bermekaran hingga bertahan di ujung badai biasanya ditunjang oleh aspek psikologis ini. Jadi, bisa kita ambil kesimpulan, beruntunglah kita yang memiliki pasangan yang mempunyai keadaan psikologis yang matang, karena dia sudah bisa menyikapi sesuatu dengan tidak terburu-buru dan diperhitungkan dengan baik. Jadi, tipikal orang ini biasanya tidak terlalu overprotective pada pasangan, ngga gampang cemburuan, setia, menerima kekurangan kita apa adanya,  dan mengerti apa yang kita mau, begitupun sebaliknya. Karena orang yang psikologisnya matang itu yakin banget dan percaya pada pasangannya, hingga terbangunlah trust dalam hubungan hingga tetap langgeng. Subhanallah, adem banget yah kalau punya pasangan kaya gitu, hehehe.

    Nah, kebanyakan, kematangan psikologis itu sejalan seiring dengan kematangan usia, jadi kita bisa bedain psikologis orang yang berumur 15 dan 25 tahun, dan tentu saja, orang yang berumur 25 tahun itulah yang sudah pantas untuk merajut cinta karena kematangannya ( ceileeee, hehe ). Tapi, tidak sedikit juga, ada anak berumur dibawah 20 tahun yang udah mateng jiwanya, demikian pula ada orang yang udah kepala tiga, tapi jiwanya ngga mateng-mateng juga, hehehe. Jadi, makanya, milih pasangan tuh, harus pinter “nyidik-nyidik” oke? Siip lah.

    Nah, itulah dia penjelasan yang cukup gamblang dari definisi kematangan itu sendiri. Sadarilah, bahwa cinta yang baik dan sehat itu butuh kematangan seperti di atas. Jadi, agar baik, segalanya tentunya harus dipersiapkan. Jika belum siap, maka wajiblah kita untuk bersabar, dan menunggu untuk siap.

    Ngerti kan maksud saya ?

    Jangan bilang ngga (-,-) hehehehe.
    Oke, insya allah minggu depan kita bahas satu aspek lagi, yaitu KEMAPANAN. Ada apa aja sih ?  yuk kita recap dulu,

    KEMAPANAN IMAN, KEMAPANAN ILMU, KEMAPANAN FINANSIAL
    Siip.

    Semoga bermanfaat, mohon maaf bila konten bisa dikatakan amatiran (hehe) karena kekurangan dan keterbatasan ilmu penulis. saran dan kritik bisa langsung dilayangkan ke kolom komen. siiip.

    See u next Saturday, SIDS-ers …. Aufwiedersehen :D


    Foto Sumber :

    DISINI
    DISINI







    0 komentar:

    Posting Komentar