• Selamat Datang !

    Pisau aja Bisa, Kok Kita Ngga ?


    Assalamulaikum …

    Bentar lagi lebaran euy , hhahaha. Seneng :D  padahal wallahu alam, shaumnya kaya gimana itu, bener apa ngganya, hehe.

    Deket-deket lebaran gini, pastinya kita jadi rada-rada sering ke dapur yah ? kalo yang mamahnya jago bikin kue, widiiih, ngga tau kenapa, dapur jadi tempat nongkrong yang paling asik.

    Betewe, kalo suka ke dapur, suka liat barang ini ?

    Hmm … kita pasti akrab sama gambar di atas. Terutama para ibu-ibu dan “calon ibu-ibu”, hhe. Wajib deh nemuin ini di “markas besar” para perempuan. Yaa, setidaknya kita pernah motong-motong apa kek, walopun ngga penting, ya pasti berhubungannya ama barang ini. Diliat-liat pisau kok mengkilap ya ? yoi, karena itu terbuat dari besi, dicampur ama bahan2 lain, jadi aja stainless steel.

    Sedikit intermezzo yah.  Seperti yang kita sudah pelajari di sejarah purbakala, penggunaan besi populer pada zaman logam, khususnya zaman besi. Nah zaman ini muncul setelah melewati zaman sebelumya, yaitu zaman batu.  Nah, ini tuh terbagi lagi menjadi yaitu Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, dan Megalitikum.

    Pas zaman batu tuh, “kita dahulu” masih menggunakan alat potong yang terbuat dari batu yang diasah yang bernama Flint,  tulang/taring binatang yang tajam, dan kayu keras. Seiring perkembangan zaman, akhirnya sampe dah ke zaman besi. Penggunaan besi disini populer, karena sudah makin canggihnya teknologi pada zaman itu sendiri. Kita pun sudah mengenal dua cara untuk mencetak logam, dengan cara bivalve dan a cire perdue.

    Kembali lagi ke pisau yah. Nah, pisau juga mengalami banyak transformasi, terutama dalam kegunaan. Pada awalnya, pisau digunakan untuk memotong dan menguliti daging, termasuk juga menghindarkan dari ancaman hewan buas. Tapi kesono-sononya mah, pisau tuh bisa kepake buat alat pemujaan sekaligus barang seni (keris), bahkan kacaunya bisa jadiin alat perang, yang dijadikan bentuk lain.

    Wuih, jangan salah sangka, pas zaman itu udah dibuat tuh, yang namanya ujung tombak, perisai, pedang, sampe-sampe baju zirah/baju perang. Dikaji dari dimensi sosial budayanya, adanya pembuatan alat tersebut itu, karena manusia sudah mengenal berperang (terbukti kan kita sudah mengetahui cerita perang bangsa bangsa asing kayak Romawi dan Persia, bisa dibayangin kan gimana pakaian dan senjatanya, hampir dari logam semua, terutama besi).  

    Oke. Cukuplah intermezonya yah. Kita tinggalkan medan perang di padang pasir yang penuh dengan kebul itu. Sekarang kita pindah channel, ke abad 21, di sebuah rumah. Lokasinya di dapur.

    Anne     : Rin, gua pinjem pisau yah ….
    Rina       : Iyaa, ambil aja, di rak piring …
    Anne     : Sip sip.

    Tak beberapa lama …

    Anne      : Aah, payah lu rin !
    Rina       : Parah apanya, ne ?
    Anne      : Pisau elu kagak bisa buat motong nih ! tumpul !
    Rina       : Mana ? coba gua liat …
    Anne      : Ah, lu mah. Pisau tumpul aja dipelihara sih …
    Rina       : Eh iya deng. Maafin gua yah. Bagusnya ini pisau diasah lagi, apa dibuang yah ?
    Anne      : Terserah elu deh. Gimana bagusnya. Kan pisau-pisau elu. Gimana elu aja …

    ***

    Heit kawan-kawan, jangan bingung gini dong. Hhehe, iya  iya saya akuin ini alurnya ngga pasti, ngalor ngidul ngga jelas. Ohoho, tapi jangan salah, baca dulu ah tagline yang saya buat di blog ini.

    Yup, that’s right. Kita ambil aja yah inspirasinya langsung. Dari percakapan kedua orang diatas, Kita tahu, bahwa pisau yang dapat digunakan untuk memotong  itu harus  tajam, bener ngga ? kalo pisaunya tumpul, yaa  kalo ngga mau diasah lagi, ya pasti akan terbuang.

    Kembali ke diri kita.

    Teman-temanku, kita mesti sadar, bahwa kita dikaruniai berbagai macam kelebihan, yang tentunya berbeda masing-masing , oleh pencipta kita Allah SWT. Nah, untuk memberdayakan kelebihan kita ini, kita butuh akal. Dan subhanallahnya lagi, kita dikaruniai pula yang namanya akal pikiran.

    Terus ?

    Yup. Akal pikiran dibutuhkan untuk mengelola, sumber daya  apa yang kita punyai, sehingga dapat terasa manfaatnya. Nah, untuk mengelola sumber daya tersebut, dibutuhkanlah ketajaman berpikir yang mumpuni.

    Pusing ? lieur ? hhehe. Saya kasi contoh.

    Ani suka hitung-menghitung. Wuh, segala macem dia hitung deh pokoknya, (sampe-sampe kalo ada yang macem-macem ama dia, dia pasti bikin perhitungan, hhehehe). Nah, suatu saat dia sadar, bahwa dia tuh punya kelebihan di matematika, dan berbarengan pula ama cita-citanya menjadi seorang akuntan. Nah, dia berpikir, gimana caranya yah, agar mengelola kelebihannya itu, hingga ia menjadi seorang akuntan yang berhasil nantinya ?

    Bisa dijawab gimana caranya ? yup bener. Belajar. Kalo ngga belajar, ya ngga mungkin dia sukses  jadi akuntan dong.

    Tuh dari situ kita tahu bahwa akal pikiran yang ada di dalam otak kita itu mesti diasah, bener ngga ?
    Pisau aja, biar tajam itu harus diasah, agar berguna. Kita juga ingin jadi orang berguna ? mesti “diasah” juga dong. Apapun mesti kita asah, ya semacam pengetahuan, pengalaman, daya juang, dan sebagainya. trus, kalo kita malas “mengasah diri” ? yaa nasibnya kaya pisau yang tumpul tadi, ya bakal terbuang atau dibuang dari kehidupan !

    Kalo ngga mau “ngasah diri” dengan sungguh-sungguh, ya siap-siap aja jadi “gembel” masa depan, yang bakal luntang-lantung hidupnya ! ngga percaya ? terserah. Yang penting saya sudah mengingatkan yah. Hhehe :D

    Pisau aja “bisa”, masa kita “ngga” ?


    @terinspirasi dari : saking panjangnya libur, sehingga kita banyak membuang waktu dengan sia-sia ! ayooo ah, belajar !

    Ooo iya temen, saya lupa. saya punya nih, blog satu lagi. temanya khusus tentang organisasi. dan dibolehkan berpatisipasi di sana. hmmm, bagi temen2 yang penasaran, itu kaya gimana ? selengkapnya klik di sini.

    Foto sumber :


    0 komentar:

    Posting Komentar